Sekilas Mengenal LSN

Header LSNLembaga Strategi Nasional yang disingkat LSN (Institute for National Strategy), merupakan lembaga swasta yang lahir atas ide, pemikiran kritis-konstruktif dan orientatif para akademisi, praktisi dan aktivis dengan latar pendidikan dan keilmuan/keahlian yang kompeten di bidangnya masing-masing, seperti pakar sosial-politik, pakar partai politik, pakar tatakelola pemerintahan, pakar kebijakan publik, pakar riset dan survei, pakar hukum, pakar ekonomi pembangunan, pakar pembangunan desa, dll. Dengan dilandasi semangat mendorong perubahan dan pembaharuan. Berdiri sejak bulan Mei tahun 2010 di Yogyakarta, LSN dijadikan wadah alternatif melakukan transformasi dengan menyusun dan memproduksi ide-ide kreatif, inovatif dan strategis yang dapat digunakan oleh berbagai pemangku kepentingan, baik pemerintah, pemerintahan daerah, pemerintahan desa, swasta maupun individu.

Berangkat dari kecintaan dan kepedulian terhadap masa depan bangsa ini, maka kemajuan Bangsa ini tentu saja bukan hanya tanggungjawab pemerintah, akan tetapi ketika kita sepakat untuk bernegara dan menjadi satu bangsa yang merdeka, maka logiknya adalah; bahwa setiap dari kita (sebagai warga negara) juga memiliki peran dan tanggungjawab yang proporsional untuk menyelesaikan berbagai persoalan bangsa serta terlibat aktif membangun negara yang telah kita sepakati sebagai Nation State.

Ekspektasi kami yang terbesar yaitu, ide, gagasan, dan pemikiran yang dihasilkan oleh lembaga ini dapat menjadi bagian penting untuk menyelesaikan berbagai persoalan bangsa ini, serta LSN dapat secara langsung maupun tidak langsung berpartisipasi membangun bangsa ini.

Fokus utama dari kerja-kerja lembaga ini adalah, Penelitian, Inisiasi, perencanaan, pendampingan, monitoring dan evaluasi pada aspek POLITIK dan KEBIJAKAN.

Untuk mewujudkan hal tersebut, maka LSN bekerja dan berkarya pada beberapa aspek strategis:

Pertama, sebagai lembaga yang melakukan PENELITIAN (survei & kajian). Penelitian yang dimaksud adalah suatu proses ilmiah dan alamiah dalam menelaah, meneliti dan menemukan data dan informasi yang memiliki kausalitas atas sebuah persoalan/keberhasilan, sehingga melalui proses tersebut melahirkan ide-ide/gagasan yang bersifat continue product knowledge yang bersifat solutif, sehingga dapat dijadikan rujukan bagi para pemangku kepentingan untuk dijadikan literasi/referensi dalam pengambilan keputusan ataupun pembuatan program dan kebijakan oleh instansi pemerintah, pemerintahan kabupaten/kota, pemerintahan desa, partai politik, kelompok masyarakat sipil, perusahaan swasta maupun individu.

Kedua, Lembaga Strategi Nasional memainkan peran semi akademik, dimana peran ini dilakukan dalam bentuk penyelenggaraan pendidikan, pelatihan, pemberdayaan dan pendampingan. Peran ini menjadi sangat penting, sebab ide-ide /gagasan yang telah dihasilkan oleh LSN dapat di transformasi melalui kader-kader penggerak yang mengikuti berbagai program dan kegiatan yang di laksanakan oleh LSN. Serta untuk mendukung proses tersebut, LSN juga memproduksi pengetahuan dalam bentuk tulisan; (Buku, Jurnal, Buletin, Modul, dan lain sebagainya)

Berdasarkan dua aspek strategi peran yang dilakukan LSN tersebut, maka LSN secara profesional melakukan kegiatan berikut:

  • Jasa penelitian; (survei), baik untuk kepentingan instansi pemerintah, swasta, partai politik dan individu
  • Jasa Konsultansi Politik: pendampingan pemilu nasional, pemilu kepala daerah dan pemilihan kepala desa
  • Jasa konsultan kebijakan dan perencanaan pembangunan,
  • Jasa Pendidikan dan Pelatihan; Training of Trainer, Bimbingan Teknis
  • Publikasi; penulisan, penerbitan dan pemasaran
  • Advokasi dan pendampingan
  • inisiasi kebijakan strategis untuk instansi pemerintah, pemerintahan daerah, pemerintahan desa, dan swasta. Dimana semua aktivitas tersebut berorientasi pada citizen ship, good governance, dan clean governance, demokrasi dan kesejahteraan.