Program LSN

  • Program Sekolah Berdesa

Program ini dirancang secara terukur dan berkelanjutan untuk memperkuat kapasitas pemerintahan desa, pengelola BUMDes, Lembaga Kemasyarakatan Desa, Generasi muda desa, serta stakeholders Desa  dalam rangka melakukan percepatan pembangunan desa.  Program ini dijalankan dengan beberapa pendekatan, antaralain: pelatihan berkala, pendampingan langsung lapangan, magang berdesa dan monev desa.

  • Program 1 Desa 100 Entrepreneur

Program ini dirancang untuk melahirkan wirausahawan desa, yang mampu berperan aktif dan strategis dalam mengkapitalisasi potensi desa sehingga mampu menciptakan pengusaha lokal desa yang sukses. Secara metodelogis, program ini dijalankan dengan pendekatan pelatihan kewirausahaan,  pelatihan manajemen bisnis,  magang kewirausahaan,  pendampingan BUMDes, Pendampingan UMKM, dan peningkatan kapasitas tentang pemetaan potensi ekonomi desa dan penyusunan bisnisplan.

  • Program Desa Berdaulat Pangan.

Program ini dirancang untuk mengukuhkan desa sebagai lumbung pangan nasional, dimana peta jalan yang ditempuh yaitu merubah mindset para dari petani tukang cocok tanam, nelayan tukang tangkap ikan, tukang kebun, menjadi produsen sektor pangan. Progam ini secara kelembagaan dikerjakan dengan pendekatan, pendampingan, pemberdayaan, pelatihan, intervensi teknologi, rekayasa teknologi tepat guna tepat manfaat, serta menciptkan produk unggulan pada masing-masing desa.

  • Program Desa Destinasi

Program ini dirancang oleh lembaga strategi nasional, untuk memastikan desa sebagai pemilik aset sumber daya alam dan sosial kebudayaan desa, memiliki kemampuan untuk mengelolan potensi alam desa dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Program ini dijalankan dengan strategi; pemetaan potensi  sosial, ekonomi, kebudayaan dan lain-lain kemudian dirancang dalam skema kepariwisaataan desa, dan desa wisata. 

  • Program Sekolah Inovasi Daerah

Program ini rancang untuk memenuhi ekspektasi publik terkait kualitas tatakelola pemerintahan daerah dan tatakelola pembangunan daerah. beberapa strategi pendekatan yang digunakan dalam program ini, antaralain; konsultansi, advokasi, inisiasi, penelitian/kajian, pelatihan, pendampingan, dan asistensi. Fokus dan lokus program ini untuk organisasi pemerintahan daerah dan DPRD

  • Program Sekolah Politik dan Pemilu

Program ini dirancang untuk melahirkan aktor-aktor dan aktivis politik (politisi) yang memiliki, kualitas, kapasitas dan integritas dalam memperjuangan aspirasi masyarakat dan kemajuan bangsa dan negara. program ini menggunakan beberapa pendekatan strategis, seperti pelatihan, pendampingan, konsultan politik, dan survei politik dalam konteks kontestasi politik.